-

Penampakan Bus-Bus Untuk Evakuasi Warga dari Aleppo Timur


Utusan kemanusiaan PBB Jan Egeland mengatakan kepada wartawan ia berharap dapat menyaksikan dimulainya “upaya evakuasi yang terakhir dan berhasil” di Aleppo Timur, yang direbut oposisi pada tahun 2012.
Ambulans dan bus-bus pemerintah yang berwarna hijau memasuki daerah-daerah terakhir yang dikuasai pemberontak di Aleppo, Suriah, Kamis (15/12). Ini adalah bagian dari kegiatan untuk mengevakuasi warga sipil dan anggota pasukan pemberontak.

Komite Palang Merah Internasional dan Bulan Sabit Merah Suriah menyatakan mereka terlibat dalam pengevakuasian sekitar 200 orang yang cedera, sebagian dalam keadaan luka parah.

Utusan kemanusiaan PBB Jan Egeland mengatakan kepada wartawan ia berharap dapat menyaksikan dimulainya “upaya evakuasi yang terakhir dan berhasil” di Aleppo Timur, yang direbut oposisi pada tahun 2012.

Ia mengatakan mereka yang dipindahkan dari kota itu mencakup warga yang sakit dan cedera, warga sipil yang membutuhkan pertolongan lainnya, dan anggota pasukan pemberontak. Kebanyakan dari mereka menuju ke Idlib, sedangkan yang lainnya mungkin memilih ke Turki.

Operasi ini berlangsung setelah tercapai kesepakatan Rabu malam (14/12). Akan tetapi kegiatan ini belum dapat dipastikan pelaksanaannya setelah suatu rencana evakuasi pada Rabu pagi tidak terwujud dan gencatan senjata di Aleppo gagal.

Ada laporan mengenai kekerasan lainnya hari Kamis pagi (15/12). Para aktivis dan petugas medis setempat mengatakan pasukan pro-pemerintah menembaki sebuah ambulan yang berusaha meninggalkan daerah kekuasaan pemberontak, sehingga mencederai sedikitnya tiga orang.

Keluarnya pemberontak secara tuntas dari Aleppo akan menandai kemenangan besar bagi Presiden Suriah Bashar al-Assad. Pasukannya telah mendorong kampanye militer dukungan Rusia yang ditingkatkan dalam beberapa pekan ini, sementara mereka merebut lebih banyak lagi wilayah dari oposisi.

Pertempuran dan pengepungan Aleppo oleh pasukan pemerintah selama bertahun-tahun telah membuat sebagian besar kota hancur menjadi puing-puing serta menimbulkan keprihatinan di kalangan masyarakat internasional dan kelompok-kelompok bantuan yang khawatir mengenai ribuan orang yang membutuhkan bahan makanan dan penanganan medis. [uh/ab]
Jangan Lupa DISHARE... GRATIS :

Related Article

Komentar Facebook:

BERSIHKAN USUS ANDA SEKARANG

BERSIHKAN USUS ANDA SEKARANG
Sehat dengan Fiforlif

Like Us On Facebook

Fokus Hari Ini

Berita Terbaru