-

Melihat Persenjataan Tentara ISIS Yang Menakjubkan


Islamic State of Iraq and Syam (ISIS) pada tanggal 1 Ramadhan 1435 H lalu atau tepatnya pada tanggal 29 Juni 2014 menyatakan pembentukan Khilafah dan telah berubah nama menjadi Daulah Islam/Islamic State (IS).

Deklarasi ini datang setelah serangkaian keberhasilan militer IS dan afiliasinya dalam bertempur melawan pasukan Syi’ah Iraq di utara dan barat negara itu, dan juga di berbagai negara lain seperti Libya, Yaman, Aljazair, Nigeria dan terakhir di ikuti Afghanistan.

Lanjutan kesuksesan IS adalah merebut peralatan militer dari pasukan Syi’ah Iraq yang melarikan diri. Ketika IS menyerbu Mosul, mereka mendapatkan ghanimah (harta rampasan perang) berupa persenjataan dengan jumlah yang sangat banyak yang memungkinkan mereka menjadi pasukan sekelas tentara konvensional, dan bukan sekelas pejuang gerilya lagi.

“Anda kehilangan sekitar tiga divisi peralatan yang bernilai dan mungkin setidaknya tiga depot di daerah itu,” menurut Anthony Cordesman, seorang analis keamanan di Pusat yang berbasis di Washington untuk Studi Strategis dan Internasional, yang mengatakan kepada The Wall Street Journal.

Sejumlah besar senjata yang disita IS dari Mosul adalah persenjataan yang disediakan oleh AS untuk Angkatan Darat Syi’ah Rofidhoh Iraq. Mujahidin IS di lapangan juga berhasil menyita senjata-senjata buatan Rusia, China, Balkan, dan Negara Syi’ah Iran.

Berikut sebagian kecil jenis senjata yang kerap digunakan para tentara IS dalam amaliyah jihad mereka. Berbagai senjata ini dapat dilihat dalam rilisan IS baik berupa foto maupun video, dan hal ini tentunya masih terdapat beberapa jenis lagi yang belum disebutkan disini karena terlalu banyak jenis senjata yang dimiliki IS.

M1A1 Abrams Tank



M1 Abrams adalah generasi ketiga dari tank perang utama yang diproduksi oleh Amerika Serikat (AS). M1 memiliki persenjataan hebat, berlapis baja tebal, dan tank dengan mobilitas tinggi yang didesain untuk kendaraan tempur lapis baja.

Keistimewaan yang dimiliki tank ini adalah mesin turbin gas (dengan bahan bakar JP8 jet fuel), mengadopsi lapisan baja komposit canggih, dan penyimpanan amunisi terpisah dalam kompartemen terpisah untuk keselamatan kru. Dengan berat mendekati 62 ton, M1 menjadi salah satu tank terberat yang masih digunakan.

M1 Abrams memulai pengabdiannya pada tahun 1980, menggantikan M60 Patton MBT. M1 Abrams dipersenjatai meriam 105 mm. M1 menjadi tank perang utama resmi Angkatan Darat AS dan Korps Marinir AS dan juga tentara Mesir, Kuwait, Saudi Arabia, Australia dan pada 2010 digunakan oleh pasukan Syi’ah Iraq.

IS mendapatkan tank jenis ini dibeberapa pertempuran dengan pasukan Syi’ah Iraq. Pada pertempuran pembebasan kota Ramadi pada awal tahun 2015, IS mendapatkan ratusan kendaraan tempur dari tangan pasukan Syi’ah Iraq yang melarikan diri termasuk diantaranya sekitar 10 unit Tank jenis M1 Abrams.

T-55 Tank


Tank tua T-55 merupakan tank kelas menengah produksi eks-Uni Soviet yang paling banyak diproduksi dari dekade 1950-an hingaa 1980-an. Berbobot lebih 36 ton dengan senjata utama meriam kaliber 100 mm, senjata tambahan senapan mesin sedang kaliber 7,62 mm koaksial pada meriam dan senapan mesin berat anti-pesawat kaliber 12,7 mm.

Tank T-55 memiliki perlindungan Nubika, berdaya mesin di bawah 600 HP, dan kecepatan maksimum di jalan raya 50 km/jam. Namun untuk era sekarang, tank-tank tersebut memiliki perlindungan lapisan baja yang lemah. Sejumlah modifikasi dengan menambah lempengan ERA untuk menambah kekuatan zirahnya.

Diperkirakan IS memiliki sekitar 30 tank tersebut, dan ini sering dilihat dalam foto ataupun video peperangan rilisan IS.

T-72 Tank
Tank T-72 adalah generasi kedua tank tempur Soviet. Tank pertama masuk produksi pada tahun 1971, dan sampai sekarang masih ada proses produksi untuk tank jenis ini. IS memiliki sekitar 5 sampai 10 tank T-72.

Tentunya, tank-tank yang dimiliki IS adalah hasil Ghanimah dari pasukan Syi’ah Rofidhoh Iraq dan pasukan Syi’ah Nushairiyyah Suriah yang kabur atau kalah dalam berperang melawan mujahidin IS.

T-72 memiliki lapisan baja yang kuat, dan memiliki meriam utama 125 mm. Tank T-72 juga dipersenjatai dengan senapan mesin menengah dan senapan antipesawat.

Humvee


Mujahidin IS menyita Humvee buatan AS ketika menyerbu Mosul. AS telah memberikan ribuan unit Humvee ini untuk militer Angkatan Darat Syi’ah Iraq, dan disinyalir sebagian besar jatuh ke tangan pasukan IS.

“Dalam Jatuhnya kota Mosul, kita kehilangan banyak persenjataan, di kota Mosul sendiri kita kehilangan 2.300 unit Humvee,” menurut Perdana Menteri (PM) Syi’ah Iraq, Haider al-Abadi dalam wawancara di Televisi Iraq. Jumlah yang sangat banyak tentunya, dan nilai 2.300 unit humvee tersebut setara dengan US$ 1.150.000.000.

Kendaraan ini memungkinkan untuk bergerak cepat dan efektif di medan berat. Lapis baja Humvee juga melindungi pasukan terhadap tembakan senjata ringan, serta tahan terhadap kerusakan dari ledakan langsung. Kendaraan ini sedikit memberi perlindungan terhadap ranjau darat atau IED (Improvised Explosive Device).

AK-47

AK-47 telah menjadi senapan serbu standar bagi pasukan IS karena harga murah, daya tahan tinggi, ketersediaan yang banyak, dan kemudahan penggunaan.

AK-47 pada awalnya dikembangkan oleh Soviet, tapi dengan cepat menyebar ke tentara berbagai negara dan pejuang di seluruh dunia. AK-47 berbobot ringan, cukup efektif, dan sangat mudah untuk mendapatkan.

M79 Osa Rocket Launcher


Peluncur roket M79 Osa dapat meluncurkan roket kaliber 90 mm dan sangat efektif terhadap Tank dan benteng musuh.

Wartawan investigasi Elliot Higgins (mungkin lebih dikenal sebagai Brown Musa) percaya bahwa senjata-senjata ini berasal dari Kroasia, sebelum diselundupkan ke pemberontak Suriah oleh Arab Saudi. IS berhasil merampas roket tersebut dan telah menggunakannya untuk menghancurkan kendaraan lapis baja pasukan Syi’ah Iraq.

RBG-6 Grenade Launchers


Peluncur granat semi-otomatis ringan yang digunakan untuk menyerang pasukan infanteri. Arab Saudi menyelendupkan peluncur granat RBG-6 ke Suriah untuk pasukan pemberontak Suriah. Peluncur granat akhirnya menjadi ghanimah pasukan IS, dan sekarang digunakan di Iraq oleh mujahidin IS.

RPG - 7s


Iraq dibanjiri dengan RPG-7s. Pasukan Syi’ah Iraq, pasukan Komunis Peshmerga Kurdi, dan mujahidin IS semua menggunakan roket ini di persenjataan mereka.

RPG-7s merupakan senjata anti-tank yang sangat portabel. Sistem persenjataan ini awet dan berbiaya murah, dan juga cukup mudah digunakan.

RPG-7s dapat mencapai jarak hingga 920 meter, meskipun pada jarak yang lebih jauh, proyektil dapat meledak sendiri tanpa mengenai target.
M198 Howitzer

 
M198 howitzer adalah artileri medan menengah yang harus ditarik antar lokasi. Senjata ini dikembangkan untuk digunakan dalam Angkatan Darat AS setelah Perang Dunia II.

M198 dapat menembakkan proyektil sampai jarak 22 km. Howitzer ini dapat meluncurkan berbagai amunisi, termasuk proyektil berbahan peledak tinggi, proyektil roket berpandu, dan proyektil fosfor putih. IS mendapat Howitzer dari Angkatan Darat Syi’ah Iraq setelah mereka melarikan diri dari basis mereka.

Type 59-1 Field Gun 


Type 59-1 adalah versi buatan China dari Soviet M-46 M1954 Field Gun. M-46 pertama kali diproduksi oleh Soviet pada tahun 1954. Point utamanya, M-46 memiliki jangkauan terpanjang dari setiap sistem artileri di dunia dengan 27 km jarak tembak maksimal.

Type 59-1 adalah salinan China berlisensi dan lebih ringan dari M-46. Baik militer Syi’ah Suriah dan Iraq menggunakan artileri Type 59-1 ini. Dari berbagai sumber menginformasikan bahwa IS telah memperoleh senjata ini.

ZU-23-2 Anti-Aircraft Gun

 

ZU-23-2 Anti-Aircraft GunZU-23-2 adalah senjata anti-pesawat otomatis Soviet yang diproduksi dari tahun 1960 sampai sekarang. senjata ini menembakkan proyektil 23 mm pada jumlah 400 proyektil per menit.

ZU-23-2 berjarak tembak efektif sampai dengan 3 km, dan dirancang untuk menyerang target yang terbang rendah serta kendaraan lapis baja. Sejauh ini dalam perang di Iraq dan Suriah, senjata ini sangat banyak digunakan oleh mujahidin IS.

FIM-92 Stinger MANPAD
 
FIM-92 Stinger MANPADFIM-92 Stinger adalah rudal bahu dari darat ke udara berpandu infrared. Senjata ini pada awalnya dirancang oleh AS dan mulai beroperasi pada 1981. MANPAD ini sangat berbahaya dan efektif dapat menghancurkan helikopter dan pesawat.

FIM-92 Stingers memerlukan pemeliharaan dan perawatan khusus. Hal ini diyakini IS merampas FIM-92 dari pangkalan militer Syi’ah Iraq.

HJ-8

  
HJ-8HJ-8 adalah rudal anti-tank yang telah diproduksi oleh China sejak akhir 1980-an. HJ-8 memiliki jangkauan operasional hingga 6.000 meter dan sistem ini sebagian didasarkan pada sistem rudal US BGM-71 TOW.

HJ-8 yang sangat efektif terhadap lapis baja, bunker, dan benteng. Pemberontak Suriah sukses menggunakan rudal ini untuk menyerang tentara Syi’ah Suriah sejak Juni 2013, meskipun sekarang IS telah berhasil juga memasukkan senjata ini ke dalam daftar persenjataan mereka.

DShK 1938 Machine Gun

  
DShK 1938 Machine GunDShK 1938 adalah senapan mesin Soviet buatan tahun 1938. Ini menjadi senapan mesin berat standar Uni Soviet selama Perang Dunia II, dan masih dalam produksi di seluruh dunia.

DShK memiliki beberapa kegunaan, termasuk sebagai senjata anti-pesawat dan senjata berat pendukung infanteri. Senjata ini dapat menembakkan 600 peluru per menit. Senjata ini dapat dipasang pada mobil untuk kemudahan penggunaan dan manuver. IS dapat Ghanimah senapan mesin ini dari tentara Syi’ah Suriah atau Iraq.

Media Sosial

 

FB, Youtube, TwitterSalah satu senjata yang paling efektif dalam gudang persenjataan IS adalah ketangkasan media sosial (medsos) mereka. IS secara rutin mengeluarkan foto, majalah maupun video rilisan, dan tak lupa IS juga sering membuat tweet hashtag untuk tren peristiwa dalam rangka ekspos berita yang maksimal.

Sebagai contoh dalam video rilisan IS yang berjudul “Flames Of War” berisi rekaman aksi pertempuran asli para tentara IS dengan rekaman sekelas film Box-Office Holywood dan hal ini diakui oleh media barat sebagai rekaman pertempuran yang menakjubkan.



Penembakan senjata berat yang bergemuruh yang melemparkan ketakutan ke dalam hati musuh, dan meninggalkan musuh sekarat dengan menghirup asap tebal kematian.

Narasi dalam bahasa Inggris, terdapat klip rekaman tempur berupa ledakan bom pinggir jalan asli, baku tembak, eksekusi musuh, dan mayat-mayat musuh. Terdapat juga klip dari berita barat, dan gambar yang tak terhitung jumlahnya tentang kemenangan pasukan IS yang berbaris, menunggang kuda, mengemudi kendaraan militer, melambaikan AK-47 atau bendera tauhid.

Hal Ini adalah contoh yang baik dari apa yang tampaknya menjadi gaya video rilisan IS khususnya Al-Hayat Media Center. Hampir setiap frame telah diperhitungkan, komposisi warna, tampilan pasukan IS yang tampak bersinar dengan cahaya, dan ledakan dalam gerakan super lambat.

Terdapat efek yang memberikan nuansa rekaman TV atau foto-foto lama. Transisi di antara klip menggunakan kobaran api dan kedipan yang menyilaukan. Backsound nasyid dan tembakan yang memberikan semangat dan mengajak penonton untuk merasakan apa yang terjadi di medan pertempuran. Hal tersebut menjadi ciri khas video rilisan IS yang sangat ditunggu-tunggu pendukung IS dan masyarakat.

IS memiliki berbagai senjata untuk perang konvensional, dan memiliki pengalaman bertahun-tahun melancarkan peperangan asimetris di Suriah dan Iraq. Dengan persenjataan seperti yang mereka miliki, Islamic State (IS) bisa menjadi kekuatan baru yang menetap di jantung Timur Tengah, dan juga di dunia pada masa mendatang
Jangan Lupa DISHARE... GRATIS :

Related Article

Komentar Facebook:

BERSIHKAN USUS ANDA SEKARANG

BERSIHKAN USUS ANDA SEKARANG
Sehat dengan Fiforlif

Like Us On Facebook

Fokus Hari Ini

Berita Terbaru